Senin, 26 Oktober 2015

tugas Brand usp




Teh Pucuk Harum
Menjadi minuman paling banyak dikonsumsi kedua di dunia setelah air putih, teh dahulu sering digunakan sebagai minuman utama untuk acara semi-formal dan disediakannya dalam cangkir. Seiring kepopuleran teh yang makin meningkat, membuat teh tidak lagi hanya disediakan dalam cangkir tapi juga dalam kemasan yang praktis untuk dibawa kemana-mana.
Oleh sebabnya belakangan banyak bermunculan berbagai kemasan minuman teh, seperti botol, kotak atau gelas. Selain praktis untuk dibawa, alasan lainnya adalah jika ingin meminum teh, kita tidak perlu repot-repot membuatnya karena sudah ada kemasan instan yang praktis.
Salah satu minuman teh kemasan yang terkenal adalah Teh Pucuk Harum. Teh Pucuk Harum dikenal sebagai teh dalam kemasan botol yang banyak penyukanya dikarenakan rasa tehnya yang sangat terasa dan rasa tehnya tersebut didapat dari pucuk daun teh yang menghasilkan rasa terbaik. Selain itu, Teh Pucuk Harum mempunyai dua kemasan botol yakni ukuran 350 ml dan 480 ml yang siap menghilangkan dahaga para pecinta minuman teh.
Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh mungkin ada yang terasa sedikit pahit . Tapi, hal itu justru menjadi kenikmatan tersendiri. Mungkin itulah alasan mengapa orang Indonesia suka mengkonsumsi berbagai macam teh.
Di tengah berkembangnya industry teh di Indonesia, pasar teh dalam kemasan siap minum kedatangan pemain baru. Pemain baru tersebut adalah Mayora. Selama ini kita tahu Mayora hanya memproduksi kopi dan minuman isotonik. Tapi, kini Mayora mulai berani terjun ke dalam persaingan teh di Indonesia dengan produk Teh Pucuk Harum. Teh Pucuk Harum merupakan pilihan yang sangat tepat untuk pecinta teh yang ingin meminum teh berkualitas dengan aroma dan rasa yang bersaing.
Kemasan botol berisi 350 ml yang dijual di pasaran memilki harga eceran tertinggi Rp 3.500,00. Harganya tergolong terjangkau dibandingkan merek-merek lain yang mematok harga antara Rp 3.000,00 – Rp 6.000,00. Didukung dengan tim distribusi yang cukup kuat, Teh Pucuk mulai semakin mudah ditemukan baik di Traditional Trade maupun di Modern Trade
Selain aktif beriklan di televisi dengan mengusung “teh terbaik hanya ada di pucuk”, Mayora pun membuat aktivasi dengan berbagai kegiatan below the line. Mulai dari photo contest Semarak Pesta Pucuk yang mengoptimalkan social media facebook dengan hadiah gadget dan sepeda gunung, sampai dengan ikut serta menjadi sponsor atau  membuat booth dalam festival-festival seperti Jakarta Jazz Festival 2012, Jakarta Blues Festival 2012, dan Jakarta Fair 2012. Untuk memperkuat positioning sebagai teh dari daun pucuk yang alami dan menyegarkan, Teh Pucuk Harum menjadi sponsor dalam kegiatan Senam Rampal di kota Malang pada 15 Februari lalu.
Meskipun presentase penjualan Teh Pucuk Harum belum terlalu tinggi, tapi Mayora masih mempunyai peluang untuk terus meroket. Untuk tahap awal Mayora memang sudah cukup berhasil membangkitkan brand awareness, untuk tahap selanjutnya, tentu saja butuh upaya keras!


 











Kelebihan Teh Pucuk harum :
Seiring zaman semuanya serba instan manusia semakin menciptakan berbagai segala sesuatu yang bisa instan, khususnya dalam bidang pangan/ makanan dan minuman, akan tetapi yang ingin saya teliti dalam hal ini adalah produk “ Teh Pucuk Harum “ produk yang merupakan air minum teh dalam kemasan  ini menarik minat konsumen pertama dari harga yang terbilang sangat ekonomis. Rasanya yang menjadi ide positioning  produk ini ”Teh dengan Rasa terbaik dari pucuknya”  karena setelah diuji teh yang paling baik adalah dari pucuknya. Selain itu produk ini juga mempunyai harum yang khas teh segar, praktis dan teh yang termurah dengan volume isi nya juga lebih banyak. Jadi tidak heran masyarakat lebih memilih Teh Pucuk yang harum dan ekonomis. Walaupun tidak menggunakan bahan pengawet namun teh dalam Teh Pucuk Harum mampu bertahan selama satu tahun. Karena diproduksi menggunakan teknologi canggih. Teh Pucuk Harum sudah lolos sebagai minuman halal. Selain tanpa bahan pengawet, Teh Pucuk Harum juga tidak menggunakan pemanis dan pewarna buatan. Disediakan dalam kemasan botol membuat Teh Pucuk Harum praktis dibawa kemana-mana.

Positioning :
“ Teh Pucuk Harum rasakan sensasi relax dan menyegarkan “

Jika saya menjadi marketing Teh Pucuk Harum : maka konsep yang saya gunakan dalam meningkatkan minat pasar tentunya dengan positioning diatas, dimana dengan menggunakan kata ‘sensasi relax’ akan menyentuh psikologi perasa dari konsumen yang melihat iklan dan menambahkan kata menyegarkan juga untuk menciptakan kesan segar bagi yang ingin meminum teh tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar